sudah merdeka?

 

“Ketika kemerdekaan hakiki itu bergeser menjadi kemerdekaan semu…”

 

66 tahun silam, bangsa Indonesia melalui dua anak negeri, Soekarno dan Hatta meproklamirkan kemerdekaan Indonesia sebagai negara republik yang berdaulat. Teks proklamasi yang dibacakan Soekarno 64 tahun lalu menjadi tonggak sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa ini.


Bukan karena membaca teks proklamasi itu Indonesia merdeka. Semuanya diawali dengan perjuangan yang tidaklah mudah. Seluruh anak negeri berjuang mati-matian merebut kemerdekaan yang (katanya) ada di tangan penjajah (bener gak yah). Tanpa membedakan agama, suku, bahasa, semuanya bersatu, bersama berjuang dan rela dirinya sebagai korban prasyarat menuju kemerdekaan yang hakiki.
Lembaran sejarah baru Indonesia pun dimulai. Sejak kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia secara de facto dan de jure mulai diakui oleh dunia internasional. Kiprah perjuangan baru Indonesia pun makin berkibar seiring berkibarnya merah putih diseluruh pelosok negeri. Perekonomian tumbuh, situasi politik mulai stabil dan kehidupan bernegara terlihat sangat harmonis meskipun sempat beberapa kali terguncang masalah dan konflik paska kemerdekaan.

Naman apakah kemerdekaan yang kita rasakan selama ini memang benar-benar kemerdekaan yang hakiki? Kemerdekaan yang benar-benar terlepas dari intervensi Negara-negara asing. Jangan-jangan ini hanya perubahan model penjajahan saja, dari penjajahan fisik ke penjajahan yang dilakukan secara non fisik. Kemerdekaan yang meloloskan Indonesia dari mulut harimau, kemudian kita dimasukkan ke dalam mulut buaya. Mungkin seperti itulah gambaran yang bias digambarkan bagi bangsa ini secara umum juga negeri negeri lain yang merasa telah merdeka.

sing :

“Tujuh belas agustus tahun empat lima.. itulah hari kemerdekaan kita.. hari merdeka nusa dan bangsa…….”

“Merdeka!! Merdeka!! Merdeka!!”

secara gamblang saya bilang indonesia belum merdeka masih banyak intrik dan “intrik” yang mengelabui mata kita dalam prosesnya membangung indonesia, saya hanya titik kecil dari jutaan bahkan ratusan juta masyarakat yang melihat bendera indonesia berkibar karena angin dan bukan karena gagah melalui proses perjalanan perjuangan..

“saya mau merdeka..”

“saya juga..”

“merdeka yang bagaimana..”

“ya merdeka..bebas gitu deeeh..”

“bukannya sekarang sudah merdeka?”

“iya sih tapi masih ada yang gak sreg..”

“kalo gitu merdeka itu hrs bagaimana..”

“ya merdeka..”

gak jelas..itu kan kadang sering gak bisa mengartikan merdeka, tapi tidak apa2 hanya masalah artikulasi saja kok..

yang terpenting adalah kemerdekaan di INDONESIA masih tetap harus melalui proses panjang dan masing2 orang tentunya selalu dan ingin berharap untuk bisa me-MERDEKA-kan negaranya dengan caranya..

Indonesia (belum) Merdeka!
Selamatkan kemerdekaan RI! 

(slogan hati)

kalau saya bilang kita sudah merdeka..memerdekakan hati maksudnya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s