kesederhanaan pola pikir

Pesan Almarhum ibu:

“Hiduplah dengan kesederhanaan yang ada dalam hati kita. Tidak perlu menggunjing, merasa ingin hebat, merasa ingin dihormati, merasa ingin selalu disanjung dan selalu ingin diperhatikan. Itu semua ketololan.”

Temans, sederhana adalah suatu keindahan. Mengapa? Karena seseorang yang sederhana akan mudah melepaskan diri dari kesombongan dan lebih mudah meraba penderitaan orang lain. Jadi bagi orang yang merasa penampilannya kurang indah, perindahlah dengan kesederhanaan. Sederhana adalah buah dari kekuatan mengendalikan keinginan.

suatu ketika, saya pernah bertemu dengan seorang pemuda pintar. Saya mengakui kepintarannya. Dari apapun itu, dia bisa mengendalikan semua yang ia maksudkan. Tapi, setelah sekian lama saya dekati untuk berteman dengannya. Saya pun akhirnya mengetahui bagaimana sifat aslinya. Kepintaran yang selama ini dia pamerkan itu adalah sebuah rekayasa agar ia dikata hebat oleh orang-orang sekitarnya.

Dia tidak pernah menyadari bahwa dia telah dikuasai oleh nafsu dunia yang bisa-bisa menjadikannya orang paling dibenci di dunia ini.  Padahal, tidak sulit menjadi sederhana bukan? untuk apa pengakuan orang lain hanya gara-gara kita ingin dikenal. Kita adalah manusia yang selalu membutuhkan satu sama lain. Artinya, semua menjadi penting bagi kita. Namun, untuk menjadikan itu semua menjadi berguna, ada langkah yang harus kita jalani. Ada waktu yang harus kita lawan.

Sama halnya dengan ketika kita merasa mendapatkan porsi jabatan yang diakui oleh perusahaan bukan berarti kita harus menyombongkan diri dengan kekuasaan yang kita miliki, curhat dari seorang teman ketika merasa di intimidasi dengan segala tindak tanduk seseorang. Judulnya sakit hati, well ketika itu terjadi maka suasana jadi kurang bersahabat.  Saya berpikir bahwa jabatan itu bukan segalanya itu hanya sebuah bentuk apresiasi, jadi apabila berharap menjadi besar dengan jabatan lebih baik berpikir duakali karena itu akan mudah menjatuhkan anda.

Kita tidak boleh merasa sudah hebat. Dalam hal apapun itu. Bukan hendak menggurui. Tapi, banyak sekali orang yang merasa kalau dirinya paling berpengaruh dalam suatu golongan. Nah, percayalah, orang ini suatu ketika nanti akan manjadi orang yang paling dibenci oleh teman-temannya.

Karena sesungguhnya sesuatu yang tercipta dan muncul dari ruang otak kita akan menjadi sebuah sugesti yang mendorong niat dari sebuah perilaku / perbuatan / tindakan.

Bila kita selalu meyakini serta meyakinkan diri kita sendiri bahwa setiap masalah itu sebenarnya mudah dan sederhana, maka jalan keluar dari masalah itu akan segera dapat kita temukan.

pesan saya lebih baik tidak menjadi orang yang merasa hebat..jadilah manusia dengan kesederhanaan berpikir..

selamat merenungkan..

Advertisements

2 thoughts on “kesederhanaan pola pikir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s