Management Sinergi..

 

Dalam sistem manajemen sebenarnya sudah cukup lama dikenal tentang apa yang disebut dengan kerja tim atau team work. Namun, pola kerja seperti itu selama ini kebanyakan tanpa dukungan kesadaran pribadi sebagai anggota tim, tapi lebih dikarenakan tuntutan pekerjaan. Sebab itulah produktivitas sebagai hasil kerja yang diharapkan tidak optimal. Pribadi-pribadi yang bekerja dalam tim yang semacam itu belum memiliki kesamaan pandang, meskipun mereka bekerja bersama-sama.

Sikap saling menghargai, saling menghormati, serta kesediaan untuk bekerja sama dalam konteks di atas, kita lakukan terhadap semua pandangan orang lain di mana kita melakukan kerja sama. Hal itu berarti tidak terbatas pada pandangan-pandangan yang sepaham, tetapi juga terhadap pikiran-pikiran yang berbeda. Perbedaan pendapat haruslah dianggap sebagai faktor terpenting, yang kemudian secara sinergis dikelola menjadi potensi guna menumbuhkan alternatif-alternatif sebagai “Pikiran Kreatif”.

Adanya perbedaan pendapat haruslah dipandang sebagai peluang atau potensi positif, yang bahkan mungkin dapat dikelola menjadi pemecah masalah (problem solving). Dengan pendirian seperti itu, maka adanya perbedaan pendapat merupakan sesuatu hal yang barangkali justru harus ditumbuh-kembangkan demi pencapaian target yang diharapkan.

Sebab itu perlu adanya tindakan sinergis, yakni menyatuhkan beberapa orang yang memiliki kemampuan berbeda ke dalam suatu sistem kerja sama terpadu guna mencapai keberhasilan atau kesuksesan bersama. Itu berarti harus ada atau wajib dibentuk kelompok kerja sebagai the winning team, yang memiliki maksud dan tujuan sama sebagaimana target atau gol yang telah ditetapkan sebelumnya.

hmmm..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s