berpikir kreatif dan positif

Berpikir adalah pekerjaan kita sehari-hari. Namun sayangnya, kebanyakan manusia hanya menggunakan sedikit sekali potensi berpikir. Padahal berpikir adalah kunci menuju sukses dan kebahagiaan. Bahkan, masih banyak orang yang belum mengerti proses berpikir tersebut.

bukan ingin menggurui atau menjadi seorang yang sok tahu dalam hal berpikir tetapi ini adalah paradigma pola berpikir sehat menurut saya…hehehe

THINK OUT OF THE BOX adalah salah satu cara kita untuk berpikir secara  kreatif. Sering kali, saat kita mentok mendapatkan ide kreatif karena kita belum berpikir di luar kotak. Banyak yang mengatakan, untuk mendapatkan ide cemerlang atau gagasan terobosan, kita harus berpikir di luar kotak. Apa itu berpikir di luar kotak? Dan bagaimana hubungannya dengan berpikir kreatif?

Terkadang manusia atau personal setiap harinya berpikir untuk menemukan suatu ide dan dan kreatif, tentunya selalu menuangkan sebuah penemuan baru dalam kehidupan sehari-hari.  SAya saat ini berpikir untuk bisa menyajikan sebuah tulisan tentang berpikir tentunya saya juga harus berpikir bagaimana anda bisa membaca tulisan saya denagn baik dan dapat mendapakan ide baru dalam berpikir dan menghasilkan sesuatu.

Berpikir diluar kotak, mudah memang tetapi mungkin buat sebagian orang cukup sulit untuk bisa berpikir keluar dari kotak apabila masih ter-dogma dengan yang namanya norma dan peraturan serta batasan-batasan pola berpikir.

Berpikir di dalam kotak berarti kita kita berpikir dalam batasan-batasan tertentu. Kabar baiknya, batasan tersebut adalah Anda yang membuatnya (meski pun tidak secara sadar). Karena Anda yang membuat batasan tersebut, maka Anda pun bisa menghilangkan batasan tersebut. Sekali Anda mampu menghilangkan batasan tersebut, maka Anda sudah disebut berpikir di luar kotak, atau Anda sudah berpikir kreatif.

Biarkan kreativitas terjadi secara otomatis, tidak usah Anda atur dalam mengeluarkan ide. Jika pola pikir Anda sudah positif, secara otomatis anda akan mengeluarkan ide-ide positif juga. Jadi kita tidak perlu khawatir akan keluar ide-ide yang tidak baik. Bisa jadi, saat kita mengeluarkan ide yang kurang baik, kita hanya perlu memolesnya lagi agar menjadi ide yang baik. Namun proses pemolesan ini juga dilakukan setelah proses kreativitas.

Jadi hilangkan batasan-batasan yang membelenggu Anda. Kalau pun ada batasan yang ingin Anda pegang, hanyalah batasan agama. Dengan demikian Anda akan mampu berpikir di luar kotak. Anda akan menjadi orang yang berpikir kreatif atau Anda akan menjadi orang kreatif.

“Hanya orang yang berpikir positiflah yang akan bertindak dengan benar. Sebaliknya orang yang bertindak dengan benar, berarti dia sudah berpikir positif.”

Seperti apakah ciri orang yang berpikir positif? Ini sangat penting! Kesalahan kita dalam memahaminya bisa merugikan kita. Sebagai contoh, ada yang mengatakan bahwa kita tidak perlu memiliki pikiran positif. Ada juga yang mengatakan bahwa pikiran positif saja tidak perlu untuk sukses. Jelas, orang ini belum paham dengan apa yang dimaksud berpikir positif.

Kalau saya ditanya..Pakah kamu sudah berpikir positif? hmmmm..weeew…kadang..hehehehe

Jadi ulasan mengenai berpikir positif sedikit ini mungkin akan berguna buat anda, mereka dan saya tentunya yang selalu ingin bisa berpikir kreatif.

Karena saya bekerja di dunia entertaint atau event management maka terkadang atau seringkali saya harus berpikir kreatif dengan menuangkan ide-ide..

Yang kita perlukan ialah: kita perlu berpikir kritis, kreatif, dan rasional. Jadi bukan berpikir kritis dan positif saja.

selamat berpikir,

salam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s