bahasa mewakili karakter seseorang..

 

Dalam hal ini saya ingin menampilkan pandangan saya tentang bagaimana bahasa dapat mempengaruhi watak pengguna bahasa atau sebaliknya, watak seseorang ditunjukkan dari cara berbahasanya.

Bahasa lisan menurut saya sebenarnya adalah pengembangan dari bahasa tubuh isyarat yang asalnya dari bahasa tubuh. Contohnya kalau kita tidak suka akan suatu hal kita akan menggelengkan kepala atau kalau kita menyukainya maka kita akan mengangguk-anggukkan kepala. Bagaimana kalau bahasa tubuh itu diubah dengan kata “tidak” dan “ya”?

Bagaimana kalau bahasa-bahasa tubuh yang lain juga diubah menjadi bahasa lisan? Dari situlah saya berpikir bagaimana bahasa muncul dalam kehidupan manusia.

Orang dapat menyampaikan kebenciannya dengan cara yang pasif seperti merengut dan kasar seperti memukul, bahasa juga dapat memperlihatkan emosi pemakainya melalui caranya sendiri. Kata-kata kotor dan kasar mewakili bagaimana pukulan tangan dalam bentuk bahasa. Kadang pukulan dengan tangan tidak selalu lebih menyakitkan dari pada sindiran orang kepada kita. Itulah bagaimana manusia mengungkapkan perasaannya melalui bahasa.
Saya berpikir dapatkah bahasa menggambarkan watak manusia secara keseluruhan, tidak hanya menunjukkan perasaan(marah dan sebagainya). Di sinilah kita dapat menemukan kepribadian orang indonesia (OI) yang merupakan kumpulan dari berbagai suku bangsa yang penuh dengan toleransi tetapi akhirnya menimbulkan sesuatu yang saya sebut mengabaikan apapun yang orang lain perbuat terhadap barang miliknya.

Lalu pertanyaan saya sekarang apakah bahasa yang membentuk sifat orang ataukah orang yang dapat mengatur bagaimana bahasanya.
Kita analogikan seseorang tinggal di sebuah daerah yang dalam berbahasa banyak memakai kata-kata kasar.

Saya yakin kekerasan secara fisik juga banyak terjadi sebagai cara lain menumpahkan emosi. Bagaimana kalau di dalam bahasa lain yang halus dan mengajarkan cara menghormati orang dan menahan perasaan? Mungkin orang akan tertahan pula untuk melakukan perbuatan kasar.

Tapi seperti yang saya sebutkan sejak awal tadi, bahasa dibuat oleh manusia berdasarkan perasaannya. Bagaimana mungkin bahasa itu mempengaruhi pembuatnya?

silakan anda mengartikulasikan bagaiman bahasa bisa mewakili karakter seseorang..

karena bahasa merupakan wadah dari hasil suatu pemikiran dimana pemikiran seseorang tentunya akan mengikuti moody nya saat itu.

jadi hati-hatilah ketika berbahasa dan melampiaskan amarah anda di muka orang lain tentunya orang akan menilai anda..

 

Leave a Reply

