Membangun Brand Image

3d-metallic-logo-mockup

Dalam menjalankan suatu usaha, penting sekali bagi anda untuk membangun sebuah Brand Image. Khususnya bagi anda-anda yang masih baru saja memulai suatu usaha.
Brand Image penting, karena dengan brand image maka citra diri dan kepercayaan dari customer akan muncul sehingga usaha anda pun dapat tumbuh sesuai keinginan. Brand Image membantu anda untuk lebih mempunyai gambaran diri, siapa anda di dunia usaha yang anda tekuni.

Ada beberapa cara untuk membangun brand image dan sangat disarankan untuk dilakukan apabila anda serius untuk memulai dan menjalankan usaha sendiri.

  1. Memiliki open minded dan open communication dengan banyak orang. Sering-seringlah bergaul dan bertukar pikiran dengan banyak orang. Semakin banyak anda berkomunikasi dengan orang, semakin anda memperkenalkan juga diri anda pada dunia luas.
  2. Jaga komitmen, kejujuran dan disiplin diri dalam mengembangkan usaha. Penting bagi seorang usahawan untuk menjaga ketiga hal diatas, mengingat ketiganya akan menentukan siapa diri anda dalam usaha yang anda jalankan di mata customer.
  3. Mintalah referensi dari teman-teman anda tentang siapa diri anda. Testimonial teman, rekan atau keluarga anda tentang diri anda sendiri akan sangat mempengaruhi penilaian orang terhadap anda. Begitulah brand image anda dibangun secara perlahan.
    Perhatikan : Jangan pernah berpikiran jika yang memberi testimonial bukan orang terkenal, maka brand image anda tidak akan terbangun, ITU SALAH !!
    Siapapun yang memberikan testimonial, tetap itu akan membangun brand image anda, asalkan testimonial yang diberikan positif.
    Karena itu, sering-seringlah bersikap positif terhadap orang lain, agar orang lain pun bersikap positif terhadap anda.
Komunikasi pemasaran untuk membangun brand image, beberapa langkah komunikasi pasar (marketing communication) untuk membangun sebuah brand image perusahaan.Dalam komunikasi pemasaran (marketing communication), iklan dan promosi memang punya peran paling penting dalam pembangunan brand image. Hal ini disebabkan karena kegiatan ini mempunyai target audience luas, sehingga dalam waktu relatif singkat pesan yang ingin disampaikan tentang brand lebih cepat sampai. Banyak perusahaan yang belum menyadari bahwa membangun brand image dengan komunikasi pemasaran tidak sebatas lewat iklan dan promosi saja. Ada banyak kegiatan lain yang juga berdampak besar. Contohnya adalah :

  • Desain kemasan, termasuk isi tulisan/pesan yang disampaikan
  • Event, Promosi di toko, promosi di tempat umum, dan kegiatan below the line lainnya
  • Iklan tidak langsung yaitu yang bersifat public relations
  • Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu kegiatan-kegiatan sosial untuk komunitas yang dilakukan oleh perusahaan
  • Customer Services, bagaimana perusahaan menangani keluhan, masukan dari konsumen setelah terjadi transaksi
  • Bagaimana karyawan yang bekerja di lini depan / front liners (apakah itu bagian penjualan, kasir, resepsionis, dll) bersikap dalam menghadapi pelanggan,
  • dan lain-lain
Jenis tipe komunikasi dalam daftar di atas adalah kegiatan-kegiatan yang baik buruknya tergantung dari keinginan perusahaan, semuanya dapat dikontrol/dikendalikan. Komplikasi justru akan muncul dari kegiatan-kegiatan komunikasi seputar brand oleh pihak lain yang tidak bisa dikontrol oleh perusahaan, misalnya komunikasi oleh konsumen langsung. Mereka bisa menyebarkan pada networknya berita kurang menyenangkan yang mereka alami pada saat berinteraksi dengan brand (yang diwakili oleh banyak hal, termasuk front liners di perusahaan). Word-of-mouth communication adalah salah satu jenis komunikasi yang sangat efektif, dan berbahaya apabila itu menyangkut publisitas buruk.Komplikasinya ditambah dengan keberadaan Internet. Kecepatan penyebaran berita bahkan bisa berlipat-lipat. Mereka bisa menuliskan pengalaman berinteraksi dengan brand dari sudut perspektif mana saja, tanpa bisa diatur-atur seperti halnya berhubungan dengan tradisional media.Jadi, pada dasarnya perusahaan perlu memperhatikan semua elemen komunikasi dalam bentuk apapun yang menghubungkan konsumen dengan brand perusahaan. Minimalkan kemungkinan terjadinya ketidakpuasan konsumen, sehingga berita seputar brand bisa selalu merupakan berita baik.
Salam Perkenalan,
Kami adalah jasa Organizing yang bergerak membantu seluruh program kerja anda dalam membangun sebuah brand dan kami memiliki jaringan yang luas dalam membentuk sebuah karakter perusahaan anda..
Limasatu Production bergerak di garis lini depan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dalam memasarkan produknya dengan berbagai cara, tetap pada konsepnya Limasatu Production merupakan salah satu perusahaan yang dibangun untuk memfasilitasi perusahaan anda.
Kami mempunyai beberapa departemen yaitu:
– Event Management
– Event Equipment
– Advertising
Selanjutnya kami akan menyesuaikan dengan kebutuhan anda.
Kepuasan anda adalah merupakan kebanggan bagi kami.
Contact Us:
Limasatu Production
Jl. Budi Murni 3, No. 87 Cipayung _ Jakarta Timur
0218431 1540
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s